Rabu, 20 Agustus 2014

Tentang Diksarlin 2014



Mau tau apa itu diksarlin?
Itu singkatan dari Pendidikan Dasar Kedisiplinan
Misalnya kita udah dinyatakan lulus di Politeknik Negri Sriwijaya (Polsri) nih, trus kita di suruh daftar ulang –sekitar tiga hari sesudah pengumuman kelulusan – baru di kasih tau sama polteknya, keperluan apa saja yang harus di bawa ketika diksarlin.
Nih liat jadwalnya dulu ya
Tanggal
Kegiatan
Tempat
5 Agustus 2014
Pembagian kelompok, baju kaos diksarlin + topi + buku + name tag
Lapangan Polsri – depan gedung elektro
8 Agustus 2014
Gladibersih diksarlin
Lapangan sepakbola Unsri Bukit
11-13 Agustus 2014
Diksarlin outdoor
Lapangan sepakbola Unsri Bukit
14-16 Agustus 2014
Diksarlin indoor
Gedung graha pendidikan dan fasilitas umum Polsri

Untuk pembagian baju, sama gladibersihnya, pakai baju bebas pantas, cerminan mahasiswa, gak boleh pake sendal, semua pake sepatu.
Eh, terus waktu diksar pake baju apa?













Oh iya, ternyata kita dapet dua baju nih, yang biru dipakai hari senin – 11 agustus, yang putih hari selasa – 12 agustus, trus hari rabu – 13 agustus – pake  yang biru lagi. Untuk bawahannya seluruh peserta baik cowok maupun cewek harus pake celana dasar hitam. Kalo tahun ini – 2014 – yang  hijaber, jilbab sama mansetnya warna hitam, tahun sebelumya – 2013 – jibabnya  warna putih, tahun sebelumnya lagi – 2012 – jilbabnya warna hitam juga, pokoknya selang seling dah.

Boleh pake jilbab langsungan gak? Boleh semua, gak ada yang larang kok.
Jangan lupa pake tali pinggang hitam, sepatu ket hitam- tidak boleh ada warna lain walaupun hanya list, dan kaos kaki hitam ya. Untuk name tag harus kita bawa terus ya selama diksar. Bajunya juga harus dimasukin ke celana, biar keliatan rapi.

Emang apa bedanya sih diksarlin dengan ospek?
Nah itu dia, kalo di universitas yang ngospek itu kakak tingkatnya, mirip kayak di sma lah,disuruh pake topi kerucut, dan lain sbgainy, tapi kalo di Polsri ini yang  ngospeknya selama 3 hari outdoor itu TNI AD, kalo untuk indoornya yaa duduk aja dengerin orang yang lagi jelasin. Jelasin apaan? Banyak. Asal usul, kegiatan mahasiswa, organisasi yang ada, beasiswa dan yang pentingpenting lainnya. Gak boleh ngantuk, juga gak boleh main HP. Kalo ketauan? Ntar name tag nya diambil. Kalo di ambil? Bisa gak lulus diksar, ngulang taun depan deh...

Ngomong- ngomong, kita harus sudah ada di lapangan jam berapa? Oh, kalo itu sih gak usah di tanyain, jam enam sudah harus ada di lapangan. Kalo telat hukumannya apa? Tidak tau, tergantung pak tentaranya. Pulangnya? Jam enam juga.

Boleh bawa tas gak? Boleh semua, mau ransel atau bukan. Hp? Dinonaktifkan ya. Yang muslim bawa baju juga boleh, yang muslimah bawa mukena ya.

Diksarnya seru gak?
Untuk hari pertama diksar, pastinya ada acara pembukaan diksarlin dong, ada kata sambutan, nyanyi lagu Indonesia raya sama sumpah pemuda, dll.

Ada serunya, ada enggaknya. Nih, diatas kita lagi di hukum, makanya jangan ngelakuin kesalahan.


Eh iya nih, gambar diatas itu kita lagi doa sebelum makan snack. Oh? Ada snack time ya? Iya. Jam berapa? Tergantung, biasanya sih jam setengah sepuluh, sebelum makan siang. Oh iya, biasanya sih, makan snacknya di tentuin, apa duluan yang di makan, harus habis dalam hitungan beberapa detik, yaa begitulah.




Itu lagi ngapain? Itu lagi makan siang, eh tiba tiba di suruh tiarap sama pak tentaranya, katanya begini nih kalo lagi ada musuh :D




Kalo yang Itu foto pas selesai hari pertama diksarlin. Itu, yang paling depan, yang pake baju putih, kakak tingkat kita yang berasal dari Kamboja lho...

Nah untuk pakaian indoornya, dari tanggal 14 – 16 Agustus, pakaiannya sama, baju kemeja polos putih, untuk bawahannya cewek cowok pake celana dasar putih. Sepatu, tali pinggang, topi, kaos kakinya sama kayak outdoor.

Tuh liat, bagi yang cowok, kepalanya harus botak lo. Kalo enggak dihukum apa? Tidak tau, tergantung Kodim II sriwijaya. Jangan tanya tentang kakak tingkatnya, semuanya ganteng, cantik, dan baik-baik kok. Asalkan kita gak terlambat, kuku gak panjang, sepatu hitam semua, pokoknya jadi anak baik aja deh.
Itu foto hari terakhir diksar kalo gak salah x_x



Karena sudah selesai diksarnya, kita lempar topi dong... 
Sekian dulu ya posting tentang diksarnya... persiapan buat masuk kuliah nih

0 komentar:

Posting Komentar