Selasa, 25 November 2014

Membuat Program Pustaka Macro

Assalamu'alaikum
Jika ingin mendownload tutorial ini klik Pustaka Macro.docx


Kali ini saya akan memosting tentang penggunaan pustaka pada program macro.
Bila kita sering menggunakan suatu fungsi seperti mencetak kalimat pada setiap program yang kita buat, tentu saja akan sangat membosankan karena setiap kali kita harus membuat fungsi yang sama. 
Dengan macro anda bisa menghindari hal tersebut dengan membuat suatu pustaka macro. Pustaka tersebut bisa anda simpan dengan suatu nama, misalnya 'pustaka.mcr'. File yang tersimpan adalah dalam bentuk ASCII, tanpa perlu di compile.
Kali ini saya ingin membuat program yang mencetak huruf ‘B’‘ABCDE’‘A-Zberwarna’ dalam satu baris.
Bagaimana cara membuatnya?

1. Karena saya menggunakan dosbox, buka dosbox tersebut, lalu ketiklah edit untuk menampilkan layar biru
2.  Ketiklah seperti di bawah ini
3. Simpanlah kode tersebut dengan extension .MCR (kali ini saya menyimpannya dengan file PUSTAKA.MCR)
4.  Selanjutnya, buatlah kode baru pada layar biru kosong, atau klik File > New
5. Ketiklah seperti dibawah ini pada layar baru tersebut

INCLUDE PUSTAKA.MCR  ;Gunakan file PUSTAKA.MCR

.MODEL SMALL
.CODE
ORG 100h

Proses:
Cetak_Kar ‘B’ ‘A’ 5             ;B untuk KAR , A untuk Satu, 5 untuk Dua (lihat pada file MCR)
Cetak_War ‘A’ 26 1 26       ;A untuk Tiga, 26 untuk Empat, 1 untuk  Lima, 26 untuk Enam
INT 20h
END Proses


6. Simpanlah kode tersebut dengan file .ASM (saya menyimpannya dengan file PUSTAKA1.ASM
7. Jika program dijalankan maka akan tampil seperti gambar dibawah

Sekian dulu..
Wassalamu'alaikum

0 komentar:

Posting Komentar