Kamis, 27 November 2014

Menggunakan Label pada Macro

Assalamu'alaikum 
Sesuai dengan judul di atas, saya akan memposting tentang bahasa assembly, tentang program macro 
Silakan Download Tutorial ini : Menggunakan Label Pada Macro
Pada macro anda bisa menggunakan label seperti biasa. Tetapi anda harus ingat, karena setiap pemanggilan Macro akan menyebabkan seluruh isi macro tersebut disisipkan pada program, maka pada macro yang didalamnya menggunakan label hanya dapat dipanggil sebanyak satu kali. Bila anda menggunakanya lebih dari satu kali maka akan terjadi "**Error** Symbol already defined elsewhere: ULANG" karena dianggap kita menggunakan label yang sama.

Untuk menghindari hal itu, gunakanlah directif LOCAL. Dengan directif LOCAL assembler akan membedakan label tersebut setiap kali terjadi pemanggilan terhadapnya.
Kali ini saya ingin membuat program yang mencetak huruf PPPCCCSSS, menggunakan label macro
Bagaimana cara membuatnya?
1.  Karena saya menggunakan dosbox, buka dosbox tersebut, lalu ketiklah edit untuk menampilkan layar biru
2. Ketiklah seperti di bawah ini (screenshot saat saya mengeditya dari notepad)

3. Simpanlah kode tersebut dengan file .ASM (saya menyimpannya dengan file local.ASM

4.Pilih File>exit, untuk menjalankan program yang telah kita buat

5. Jika sudah exit, pada layar ketiklah

C:\TASM>tasm local                      (enter)
C:\TASM>tlink/t local                  (enter)
C:\TASM>local                               (enter)


6.  Hasil yang akan tampil seperti gambar dibawah

  Sekian
Wassalamu'alaikum 

0 komentar:

Posting Komentar