Sabtu, 20 September 2014

Mencetak Karakter Bag. 1

Postingan ini dibuat sebagai tugas praktek bahasa rakitan
Pada Kesempatan Ini saya akan memposting laporan tentang cara mencetak huruf pada bahasa assembly


Untuk File .docx lengkapnya yaitu Laporan Cara Mencetak Huruf (Bhs Asm) Win 8 DOWNLOAD DISINI

Jika di windows 7, kita bisa menggunakan command prompt yang bisa langsung di search  di start.

Tapi, karena saya menggunakan windows 8, maka saya harus menggunakan dosbox Tasm 1.4 Windows7-Windows 8 64bit


( Saya mendapatkan dosbox tersebut dari teman saya, atau bisa di download di sini ).

 Tasm disini berfungsi sebagai pengganti command prompt. File yang akan dihasilkan nanti berformat program COM, atau dengan tipe MS-DOS Aplication.

Dosbox tersebut saya instal di laptop, maka akan tersimpan di data C:> Tasm 1.4> Tasm

Nah, di folder yang muncul setelah di instal, sudah terdapat TASM.EXE, TLINK.EXE dan lainnya yang kita butuhkan untuk mencetak huruf. Jika kita ingin menyimpan program yang kita buat pun, tidak bisa disimpan di folder lain selain folder ini.

  •       Buka Tasm1.4 yang sudah di instal tadi, maka tampilan yang akan muncul seperti di bawah ini


  •                Tuliskan kata edit lalu tekan enter



  •          Maka akan muncul lembar kerja berwarna biru




  •                  Pada layar biru tersebut, ketiklah

                .MODEL SMALL   --------------------------------- baris pertama
                   .CODE                  --------------------------------- baris kedua
                   ORG 100h            --------------------------------- baris ketiga
           PROSES:                      --------------------------------- baris keempat
                    MOV  AH,02h     --------------------------------- baris kelima
                    MOV  DL,'A'       --------------------------------- baris keenam
                    INT 21h               --------------------------------- baris ketujuh
                                                 --------------------------------- baris ke delapan
                    INT 20h               --------------------------------- baris kesembilan
          END PROSES               --------------------------------- baris kesepuluh

Baris ke 1: Bentuk memori yang digunakan kurang dari 1 segmen atau 64KB
Baris ke 2: Menyimpan program yang akan dijalankan
Baris ke 3: Kode 100h berarti kita menyediakan 100byte kosong saat menjalankan program untuk mengontrol jalannya program
Baris ke 4: Label Untuk Memulai
Baris ke 5: Nilai service untuk mencetak karakter
Baris ke 6: Karakter yang akan dicetak, yaitu a
Baris ke 7: Melaksanakan Perintah
Baris ke 8: enter
Baris ke 9: Menghentikan proses percetakan dan kembali ke DOS
Baris ke 10: Mengakhiri Proses

 

  •  Jika sudah kita bisa menyimpannya dalam tipe .ASM ( Saya menamakan file saya dengan SUMAYYAH.ASM, karena tidak bisa disimpan di folder lain, maka akan tersimpan  di C:> Tasm 1.4> Tasm)



  • Jika sudah tersimpan, maka tutup layar biru tersebut, dan buka kembali Tasm 1.4 nya untuk mengecek apakah program yang kita ketik di layar biru sudah benar atau masih error. 
  • Caranya ketik lalu tekan enter, maka akan muncul tulisan yang mengatakan tidak ada yang error dalam program yang kita buat.



  •  Jika program yang kita ketik salah maka akan ada pemberitahuan yang error pada baris ke berapa, jumlah yang error berapa, sehingga kita bisa memperbaiki kesalahan tersebut, sampai tidak ada lagi yang salah. Oh ya, Karena layar biru tadi sudah kita tutup, maka kita bisa memperbaiki kesalahan program lewat notepad.


  •  Jika sudah selesai tahap ini maka akan dihasilkan file objek dengan tipe .OBJ. (Jadi pada folder C:> Tasm 1.4> Tasm sudah bertambah file SUMAYYAH.OBJ. File ini sudah siap dijadikan file COM


  •   Jika sudah tidak ada lagi kesalahan, maka ketikkan C:\TASM> tlink/t sumayyah0 lalu tekan enter


  •    Jika sudah, ketikkan lagi SUMAYYAH0 lalu tekan enter

 
Nah kita lihat disini, karakter yang muncul adalah huruf yang ada pada register DL

  •   Jika saya ingin memunculkan karakter dengan nama SUMAYYAH maka saya harus mengulang kode di layar biru pada baris 6 dan 7  sebanyak berapa huruf nama saya. Baru kemudian disimpan.




  • Ulangi lagi langkah mulai dari menyimpan, jika saya menyimpan file ini dengan nama SUMAYYAH16.ASM,
  •  terus saya ketik tasm(spasi)sumayyah160 lalu tekan enter,
  • Ketik tlink/t sumayyah160 lalu tekan enter. 
  • Terakhir saya ketik SUMAYYAH160,  maka akan dihasilkan huruf SUMAYYAH.


oh ya, untuk angka 0 pada  C:\TASM> tasm sumayyah0, jika dihilangkan dan tidak kita tulis maka program masih akan terbaca

Oke. Sekian posting dari saya.

0 komentar:

Posting Komentar