Senin, 24 November 2014

Membuat Program Rontok (Ke bawah dan ke atas)

Assalamu'alaikum
Apa itu Program rontok?
Oh ya, jika ingin mendownload tutorial ini, silakan klik Program Rontok (ke kanan, ke kiri)

Program rontok adalah program yang akan membersihkan layar dengan cara menjatuhkan atau merontokkan huruf pada layar satu persatu.
Bagaimana cara membuatnya?
Pada program ini, kita menggunakan bentuk program macro.
Pada postingan sebelumnya, pada win 7, kita bisa langsung membuat programnya dengan command prompt, dan untuk win 8, kita menggunakan dosbox. Namun untuk program kali ini hanya bisa di jalankan dengan menggunakan dosbox.

Rontok ke bawah
1. Buka dosbox, lalu ketiklah edit 
2. Maka akan muncul layar biru, pada layar biru tersebut ketiklah seperti berikut (saya menscreenshoot saya membukanya dengan notepad++)
Penjelasan programnya:

DELAY MACRO
            PUSH CX
            XOR CX,CX
LOOP1:
            LOOP LOOP1
            POP CX
ENDM
Macro ini digunakan untuk menunda program. Dengan menolkan CX, maka looping yang akan didapatkan menjadi FFFFh kali, karena pengurangan 0 dengan 1 akan akan menghasilkan nilai -1 atau FFFFh.
Geser MACRO PosY
PUSH AX
PUSH BX
PUSH CX
Pada macro inilah nantinya huruf-huruf pada layar akan digeser. Untuk itu simpanlah semua register yang digunakan oleh macro ini karena pada program utama, register-register juga digunakan.
XOR CX,CX
MOV AL,26
SUB AL,PosY
MOV CL,AL

Ini adalah bagian dari macro geser yang akan menghitung banyaknya pergeseran kebawah yang akan dilakukan, dengan melihat posisi dari huruf yang digeser pada variabel "PosY".
Loop2:
MOV AL,BYTE PTR ES:[BX]
MOV BYTE PTR ES:[BX+160],AL                
Hilang:
MOV BYTE PTR ES:[BX],' '
Delay
ADD BX,160
LOOP Loop2

Bagian inilah yang akan menggeser tulisan pada layar. Register BX ditambah dengan 160 untuk mengakses baris dibawahnya.
POP CX
POP BX
POP AX
ENDM
Pada akhir macro, kembalikanlah semua register yang telah disimpan pada awal macro. Ingat urutannya harus terbalik. Pada program utama:

.MODEL SMALL
.CODE
ORG 100h
TData : JMP Proses
PosY DB ?
Pertama-tama siapkanlah sebuah variabel untuk menampung posisi dari baris yang sedang diakses.

Proses:
MOV AX,0B800h
MOV ES,AX
MOV BX,3998
MOV CX,25
Register ES, kita gunakan sebagai penunjuk segment layar, yaitu pada segment B800h. Register BX yang nantinya akan kita gunakan sebagai penunjuk offset dari ES diberi nilai 3998. Dengan demikian pasangan ES:BP akan menunjuk pada karakter dipojok kanan bawah atau posisi 79,24.

UlangY :
MOV PosY,CL
PUSH CX
MOV CX,80
UlangX :
CMP BYTE PTR ES:[BX],33
JB Tdk
Geser PosY
Tdk :
SUB BX,2
LOOP UlangX
POP CX
LOOP UlangY
EXIT:
INT 20h
END TData

Kemudian lakukanlah proses dengan melihat apakah ada karakter atau tidak. Hal ini dapat dilakukan dengan membandingkannya dengan kode ASCII 33, bila data pada buffer layar dibawah ASCII 33 artinya tidak ada karakter pada layar.
Jika ada karakter pada layar maka proses geser dilakukan, sebaliknya jika tidak ada karakter proses akan menuju pada posisi selanjutnya dan melakukan hal yang sama.

3. Jika sudah di ketik pada layar, simpanlah dengan file .ASM 
4. Pilih file> exit untuk kembali ke layar hitam
5. Ketiklah seperti di bawah

Rontok ke Atas
1. Pada layar biru tersebut ketiklah seperti berikut (saya menscreenshoot saya membukanya dengan notepad++)
 2. Pada bagian programnya (dari .model small sampai end) tidak ada yang diubah, sama seperti rontok ke bawah
3. Jalankan program di atas
4. Maka hasil yang akankita lihat seperti gambar dibawah

Ok, sekian dulu y...
Wassalamu'alaikum

0 komentar:

Posting Komentar