Rabu, 22 April 2015

USB-TC101 – USB Temperature Data Logger Dengan Output TRIAC dan Alarm


USB-TC101
USB-TC101 adalah modul antarmuka komputer melalui port komunikasi USB yang dilengkapi dengan sensor suhu LM35DZ, 1 buah output berupa TRIAC dan 1 buah alarm. USB-TC101 dapat digunakan untuk keperluan pengukuran suhu sekaligus pengontrolan. Output TRIAC dapat digunakan untuk mengontrol pemanas berupa lampu atau heater. Fitur tambahan berupa output alarm bisa digunakan sebagai pengaman yang akan membunyikan alarm/buzzer jika suhu melebihi batas yang telah ditentukan.
Dengan USB-TC101 kita dapat membuat sistem monitoring dan pengontrolan suhu berbasis komputer atau Raspberry Pi. Contoh aplikasinya dapat Anda baca di halaman Raspberry Pi Notes – Catatan Eksperimen Raspberry Pi.
USB-TC101 menggunakan mikrokontroler AVR ATtiny85 yang ditanami AVR USB (V-USB)sehingga bisa dikenali sebagai piranti USB dan berkomunikasi dengan komputer melalui port USB. Dengan perantaraan library LibUSB, komputer dapat mengirimkan perintah untuk membaca suhu, mengontrol output TRIAC dan mengontrol alarm.
Berikut adalah gambar skematik USB-TC101 (simplified):
usbtc101_skematik
Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa komputer menggunakan library LibUSB untuk berkomunikasi dengan USB-TC101. Pemrograman USB memang bukan untuk pemula, namun demikian bukan berarti pemrograman USB itu sulit. LibUSB adalah library yang memudahkan programmer untuk menyusun program komunikasi USB.
USB-TC101 dilengkapi dengan program utilitas (command-line tool) untuk memudahkan akses dan testing. Nama command-line tool ini adalah USBTC101C yang tersedia dalam versi Windows, Linux dan Raspberry Pi. Berikut adalah tampilan program USBTC101C versi Windows.
usbtc101c_commandline
Dengan command-line tool programmer akan mudah membuat program GUI kontrol USB-TC101 dengan memanggil USBTC101.EXE menggunakan perintah Shell atau ShellExecute.
Paket modul USB-TC101 juga dilengkapi contoh program GUI yang dibuat dengan kompiler bahasa C freeware yakni Pelles C versi 7.0. Berikut adalah tampilan programnya.
usbtc101_pellescedit
usbtc101_pellesc
Program memiliki interface untuk membaca ID modul, kontrol manual output dan alarm untuk keperluan testing dan kontroler suhu dengan teknik kontrol ON/OFF dengan parameter kontrol Suhu Target dan Hysteresis. Alarm/buzzer akan aktif jika Suhu Aktual melebihi Batas Suhu Alarm. Program GUI USB-TC101 Pelles C lengkap dengan sourcecode tersedia dalam CD USB-TC101.
Dan berikut adalah foto USB-TC101 ketika melakukan pengontrolan suhu dengan output pemanas berupa lampu pijar 5W dan alarm berupa mini-buzzer 5V.
usbtc101_ujiwide
Nah, jika Anda membutuhkan modul antarmuka untuk monitoring suhu, datalogging suhu dan pengontrolan suhu, maka USB-TC101 adalah solusi buat Anda.

sumber : http://telinks.wordpress.com/2014/10/25/usb-tc101-usb-temperature-data-logger-dengan-output-triac-dan-alarm/

3 komentar:

  1. selamat sore sis,
    Mau nanya kalo modul USB tc 101 bisa tidak ya datanya disimpan Di database MySQL?

    BalasHapus
  2. selamat sore sis,
    Mau nanya kalo modul USB tc 101 bisa tidak ya datanya disimpan Di database MySQL?

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus